Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

CarandImage.com

Saturday, October 24, 2020

Feed Suplement Ternak Unggas


Feed Suplement Ternak Unggas - Feed suplement yakni ekstra pakan yang berasal dari zat gizi menyerupai dari protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, asam amino, enzim hormon dan lain-lain.

Feed suplemen adalah masakan ekstra untuk pakan unggas mudah-mudahan lebih baik kwalitas maupun gizinya. Feed suplemen ini biasa disebut premix . Premix biasanya berisikan vitamin asam amino ,mineral, anti biotik atau keempatnya.
 
Feed suplement yang sanggup menolong memajukan konsumsi pakan

Peningkatan konsumsi sanggup dilaksanakan dengan memperbaiki tekstur pakan (pellet binders atau perekat pellet). Tekstur masakan untuk unggas yang paling baik yakni apabila berupa pellet. Pellet sanggup mengurangi kelemahan bentuk pakan yang lain. Bentuk amba (bulky) memunculkan pakan sukar dimakan dan cepat mengenyangkan. Bentuk mash (halus) memunculkan pakan sukar dimakan dan berdebu. Supaya penggunaan pakan tersebut sanggup dimaksimalkan, tekstur masakan tersebut perlu dirubah menjadi tekstur yang lebih bernafsu guna menyesuaikan dengan bentuk paruh unggas, salah satunya dalam bentuk pellet.

Feed suplement yang menolong pencernaan
Pencernaan sanggup dioptimalkan dengan cara menyediakan enzim. Pemberian enzim protease misalnya akan memajukan kecernaan protein. Pemberian enzim lipase akan memajukan kecernaan lemak dan sokongan enzim karbohidrase akan memajukan kecernaan karbohidrat.

Feed suplement untuk memajukan segi komersial produk ternak.
Salah satu pola yang terkenal yakni penggunaan karotenoid. Karetenoid yakni pigmen berwarna kuning. Karotenoid sanggup digunakan untuk pigmentasi ayam broiler dan mutu kuning telur. Konsumen biasanya menggemari ayam broiler yang kulitnya berwarna kuning sehingga terlihat segar dan menawan perhatian. Beberapa pola produk karotenoid yakni karotenoid sintesis, carophy yellow dan jagung kuning.

Feed suplement untuk memajukan metabolisme
Salah satu feed supelement yang biasa digunakan untuk memajukan metabolisme yakni estrogen. Estrogen menyebakan penimbunan lemak lebih banyak dan karkas yang diperoleh lebih empuk. Feed suplement yang lain yakni kasein dan yodium yang sanggup mempercepat perkembangan bulu dan menurunkan kadar lemak. Hormon sanggup menertibkan siklus bertelur dan molting. Senyawa arsen sanggup menstimulasi pertumbuhan.

Bahan Bacaan :

BAHAN PAKAN UNGGAS NON KONVENSIONAL. OLEH: DR. IR. WAHYU WIDODO

No comments:

Post a Comment