Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

CarandImage.com

Wednesday, November 25, 2020

Rumus Slovin Untuk Menyeleksi Jumlah Sampel Penelitian

Penelitian - Dalam sebuah penelitian, kadang kala kita tidak sanggup mengamati seluruh individu dalam sebuah populasi. Hal ini sanggup dikarenakan jumlah populasi yang amat besar, cakupan daerah observasi yang cukup luas, atau kekurangan ongkos penelitian. Untuk itu, pada biasanya observasi menggunakan sampel. Sampel yaitu pecahan dari populasi yang dipakai untuk menyimpulkan atau menggambarkan populasi.

Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin.  Pemilihan sampel dengan tata cara yang sempurna sanggup menggambarkan keadaan populasi sesungguhnya yang akurat, dan sanggup meminimalisir ongkos observasi secara efektif. Idealnya, sampel haruslah sungguh-sungguh menggambarkan atau mewakili karakteristik populasi yang sebenarnya. Karena data yang diperoleh dari sampel mesti sanggup dipakai untuk menaksir populasi, maka dalam mengambil sampel dari populasi tertentu kita mesti sungguh-sungguh sanggup mengambil sampel yang sanggup mewakili populasinya atau disebut sampel representatif. Sampel representatif yaitu sampel yang memiliki ciri karakteristik yang serupa atau relatif sama dengan ciri karakteristik populasinya. Tingkat kerepresentatifan sampel yang diambil dari populasi tertentu sungguh tergantung pada jenis sampel yang digunakan, ukuran sampel yang diambil, dan cara pengambilannya.

Rumus Slovin untuk Menentukan Jumlah Sampel Penelitian. Pertanyaan yang kadang kala diajukan dalam tata cara pengambilan sampel yaitu berapa jumlah sampel yang diharapkan dalam penelitian. Sampel yang terlalu kecil sanggup memicu observasi tidak sanggup menggambarkan keadaan populasi yang sesungguhnya. Sebaliknya, sampel yang terlalu besar sanggup memunculkan pemborosan ongkos penelitian. Salah satu tata cara yang dipakai untuk menyeleksi jumlah sampel yaitu menggunakan rumus Slovin (Sevilla et. al., 1960:182), selaku berikut:
 kadang kala kita tidak sanggup mengamati seluruh individu dalam sebuah populasi Rumus Slovin untuk Menentukan Jumlah Sampel Penelitian
Rumus Slovin

dimana
n: Jumlah Sampel
N: Jumlah Populasi
e: Batas Toleransi Kesalahan (error tolerance)


Misalnya, jumlah populasi yaitu 125, dan tingkat kesalahan yang diharapkan yaitu 5%, maka jumlah sampel yang dipakai yaitu :

N = 125 / 125 (0,05)2 + 1 = 95,23, dibulatkan 95


Bacaan Rekomendasi:

Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.


Riduwan. 2005. Belajar Praktis Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.

No comments:

Post a Comment