Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

CarandImage.com

Sunday, April 11, 2021

4 Macam Asuransi Jiwa yang Tersedia di Pasar

Saat ini sudah banyak yang menyadari bahwa kepemilikan asuransi jiwa bagi setiap orang sangatlah penting. Sebab, asuransi jiwa mampu untuk memberikan jaminan perlindungan finansial atas berbagai risiko, seperti kecelakaan hingga kematian. Kepopuleran asuransi jiwa di mata konsumen ini juga ditandai dengan hadirnya berbagai macam asuransi jiwa, mulai dari asuransi jiwa berjangka hingga asuransi jiwa investasi. Apa yang membedakan masing-masing jenis produk tersebut? Simak ulasannya dalam kelanjutan artikel ini untuk tahu jawabannya, yuk!

 


1.       Asuransi jiwa berjangka

Produk asuransi ini memberikan perlindungan pada pihak tertanggung dengan jangka waktu tertentu. Kontrak yang ditawarkan umumnya adalah 5, 10, ataupun 20 tahun.

 

Manfaat yang bisa Anda dapat sebagai pemegang polis adalah bebas untuk menentukan besarnya premi yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan. Apabila tertanggung meninggal dunia, keluarga tertanggung akan memperoleh uang pertanggungan yang cukup besar dari status kepesertaan tertanggung.

 

2.       Asuransi jiwa seumur hidup

Produk asuransi ini akan memberikan Anda proteksi seumur hidup. Meski begitu, secara umum perusahaan asuransi akan memberikan batasan manfaat perlindungan hingga usia 100 tahun. Selain itu, produk ini juga umumnya direkomendasikan untuk nasabah yang tidak memiliki tanggungan serta ingin mendapatkan manfaat selain santunan kematian, seperti tabungan jangka panjang.

 

Untuk itu, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari jenis asuransi ini adalah premi, suku bunga, dan biaya kematian yang akan ditanggung seumur hidup (semasa berlakunya polis). Selain itu, asuransi jiwa seumur hidup juga biasanya memiliki nilai uang akan bertambah. Hal ini mungkin terjadi karena adanya perhitungan suku bunga pada jenis asuransi ini. Yang paling menarik, Anda bisa menarik uang pertanggungan di tengah-tengah masa berlakunya polis.

 

 

3.       Asuransi jiwa dwiguna

Produk asuransi dwiguna menyediakan dua manfaat, yakni sebagai perlindungan jiwa sekaligus tabungan berjangka. Maksudnya, ketika tertanggung meninggal dunia, ahli warisnya akan menerima uang pertanggungan. Namun apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa pertanggungan, uang premi yang sudah dia setorkan dapat dikembalikan padanya.

 

Selain itu, produk asuransi ini juga bisa diklaim sebelum berakhirnya masa kontrak. Hanya saja, klaim ini dapat diajukan per periode kesepakatan di awal perjanjian. Misalnya, bila di awal masa perjanjian tertanggung sepakat untuk menerima uang pertanggungan per sepuluh tahun, berarti ia dapat mengajukan klaim di tahun kepesertaan ke-10, ke-20, dan seterusnya.

 

4.       Asuransji jiwa unit link atau investasi

Produk yang terakhir adalah asuransi jiwa unit link. Jenis asuransi ini menggabungkan manfaat perlindungan dan investasi. Tak ayal, produk asuransi jiwa ini cukup disukai oleh masyarakat.

 

Selain mendapatkan manfaat perlindungan, pemegang polis juga mungkin mendapatkan imbal hasil dari investasi yang telah dilakukan di setiap tahunnya.

 

Itulah empat produk asuransi jiwa yang bisa Anda miliki. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment