Informasi Berita Terkini dan Terbaru Hari Ini

CarandImage.com

Thursday, May 6, 2021

Tahapan Membuat Laporan Keuangan Perusahaan, Buat Jurnal Keuangan Salah Satunya

Jurnal keuangan hanyalah salah satu tahap yang harus dilewati dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan suatu perusahaan haruslah dibuat dengan teliti dan langkah langkahnya harus urut, tak boleh ada yang terlewat. Jika ada satu langkah saja yang terlupakan, maka laporan keuangan psuatu perusahaan akan dipertanyakan dan akan dimintai pertanggungjawabannya. Untuk Anda yang mungkin baru saja bekerja di suatu perusahaan dan Anda ditugaskan untuk membuat laporan keuangan, inilah cara paling sederhana membuat laporan keuangan perusahaan yang akurat.



Mengumpulkan Transaksi


Tahapan paling awal ketika Anda ingin membuat laporan keuangan perusahaan adalah dengan mengumpulkan transaksi yang telah dilakukan perusahaan selama periode tertentu, baik itu transaksi melalui Sosmed, link whatsapp, maupun secara direct, pembelian, hutang piutang, sewa dan transaksi lainnya tak boleh ada satupun yang terlewat. Biasanya, transaksi dalam suatu perusahaan akan dibuktikan dalam dokumen transaksi. Supaya Anda tidak bingung, Anda bisa mengurutkan transaksi sesuai dengan urutan waktunya atau nomor faktur dokumen transaksi.


Mencatat Transaksi ke Dalam Jurnal


Setelah Anda berhasil mengumpulkan bukti transaksi dan mengurutkannya, tahap selanjutnya Anda bisa mulai mencatat transaksi pada jurnal keuangan. Transaksi yang begitu banyak pada perusahaan haruslah dimasukkan dalam jurnal agar perusahaan tahu transaksi apa saja yang telah dilakukannya. Maka dari itu, perusahaan besar yang jumlah transaksinya banyak kemudian mencatat jurnal sesuai dengan jenis transaksinya. Hal tersebut tentunya akan mempermudah akuntan dalam membuat laporan keuangan nantinya.


Memindahkan Transaksi dalam Buku Besar


Ketika Anda membuat jurnal umum, maka setiap ada transaksi, transaksi akan langsung dipindahkan dalam buku besar. Sedangkan, saat perusahaan memilih mencatat transaksi di dalam jurnal jurnal khusus, pemindahan transaksi jurnal hanya akan dilakukan secara berkala dan lebih mudah karena Anda hanya perlu menuliskan total transaksi tiap jurnal khususnya.


Menyusun Neraca Saldo


Di dalam buku besar, Anda akan menjumpai yang namanya rekening rekening yang berisi saldo debit dan kredit. Tugas Anda selanjutnya dalam menyusun laporan keuangan perusahaan adalah mengelompokkan saldo rekening ke dalam aktiva atau pasiva. Pengelompokan tersebut bertujuan untuk mengetahui sama tidaknya jumlah saldo pada rekening debet dan kredit. Jika tidak sama, berarti ada kesalahan di dalam tahapan sebelumnya.


Membuat Jurnal Penyesuaian


Biasanya, saat akuntan membuat laporan keuangan, masih ada beberapa transaksi yang belum sempat masuk dan masih ada pula beberapa kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan. Agar laporan keuangan perusahaan akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, akuntan perlu membuat jurnal penyesuaian agar saldo dan debet keuangan bisa seimbang.


Menyusun Neraca Lajur dan Membuat Laporan Keuangan


Ketika jurnal penyesuaian sudah selesai dibuat, akuntan kembali akan membuat neraca lajur untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan perusahaan. Neraca lajur nantinya akan berpatokan pada neraca saldo yang sudah dibuat dan disesuaikan pula dengan jurnal penyesuaian. Jika sudah, nantinya saldo akan masukkan dalam neraca laba dan rugi. Tahap terakhir adalah pembuatan laporan. Anda hanya tinggal menulis ulang laporan keuangan sesuai dengan format yang telah ditentukan.  Nantinya, pada laporan keuangan sesungguhnya neraca lajur dan neraca laba rugi akan berada di bagian yang berbeda.


Jika Anda sudah berusaha membuat laporan keuangan dari buat jurnal keuangan sampai tahap terakhir, tetapi tetap saja hasilnya belum maksimal. Tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan aplikasi buku warung untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Dijamin, Anda tak akan pusing dan laporan juga akan dapat dipertanggungjawabkan asal Anda juga memberikan data keuangan yang valid. Selamat mencoba!


Deskripsi: jurnal keuangan adalah satu tahap dari penyusunan laporan keuangan suatu perusahaan agar memperoleh hasil yang akurat.

No comments:

Post a Comment